Advertise Your Ad Title is Here

This place is for your ad content. Advertise your business with us here. Click for more detailed information. Get huge traffic for your website now !

Advertise Your Ad Title is Here

This place is for your ad content. Advertise your business with us here. Click for more detailed information. Get huge traffic for your website now !

Advertise Your Ad Title is Here

This place is for your ad content. Advertise your business with us here. Click for more detailed information. Get huge traffic for your website now !

Advertise Your Ad Title is Here

This place is for your ad content. Advertise your business with us here. Click for more detailed information. Get huge traffic for your website now !

Advertise Your Ad Title is Here

This place is for your ad content. Advertise your business with us here. Click for more detailed information. Get huge traffic for your website now !

Rabu, 31 Oktober 2012

Info Tips Wisata Kuliner Yang Aman

Pada waktu berkunjung kesuatu obyek wisata, kesehatan mesti dijaga. Seringkali waktu berwisata, Wisatawan harus mengkonsumsi makanan yang tersedia maupun sekedar mencoba kuliner setempat. Kejadian seperti sakit perut dan diare sebab salah makan pun menjadi hal umum yang kerap terjadi ketika melaksanakan perjalanan. 

Sebuah hasil studi dari Amerika Serikat yang dikeluarkan U.S. Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa lebih dari 10 juta pelancong yang melakukan perjalanan wisata keluar negeri jatuh sakit, umumnya diare, akibat mengonsumsi suatu minuman atau makanan.  

Ketahui siapa yang memasak. Cari tahu orang di belakang makanan yang disajikan, mulai dari juru masak sampai pelayannya. Cukup perhatikan saja apa yang dikenakan mereka termasuk cara menangani makanan tersebut. 

Contohnya, apakah rambutnya diikat, mengenakan sarung tangan plastik, tangan dan kuku yang bersih. Pun perhatikan apakah juru masak makanan juga merangkap kasir. Alias membuat makanan dengan tangan telanjang, lalu detik kemudian menerima uang dari pelanggan. 

Perhatikan pula apakah pelayan saat menyajikan makanan sambil merokok, mengunyah permen karet, bersin atau batuk dekat makanan. Jika hal-hal ini terjadi, sebaiknya hindari makan di tempat tersebut. 

Ramaikah tempat itu? Saat mencari warung pinggir jalan di sebuah destinasi, cara termudah adalah melihat kerumunan pembeli. Penduduk lokal pun pasti akan jatuh sakit jika makan makanan yang tidak higienis dan tak akan kembali lagi ke warung makan yang dicurigai membuat mereka sakit. Jadi, pilih warung yang ramai. 

Hindari makanan mentah. Sebisa mungkin saat melancong ke negara lain ataupun daerah lain, hindari makan makanan mentah, misalnya seperti salad atau sayuran mentah. Susu murni dan jus buah segar juga sebaiknya jangan diminun. Makanan kering seperti roti bisa menjadi pilihan aman. 

Hindari pula makanan yang terlalu banyak disentuh atau terlalu banyak menggunakan tangan saat proses pembuatannya. Pilihan makanan yang direbus memang lebih baik.

Makanan berempah dan asam. Beberapa orang memang bisa sakit perut jika makan makanan terlalu pedas. Namun, makanan dengan cabai atau rempah-rempah seperti kunyit, berfungsi sebagai anti bakteri. 

Pilih juga makanan dengan buah yang asam, seperti jeruk atau nanas. Makanan-makanan ini menjadi pilihan lebih aman saat melancong.

Rebus air. Air keran di beberapa negara memang bisa langsung diminum. Namun, banyak negara seperti halnya di Indonesia, air keran tak aman untuk diminum. 

Oleh karena itu, biasakan merebus terlebih dahulu air keran sebelum diminum. Hal ini berlaku pula di negara-negara yang memiliki air keran siap minum. Jika Anda berada di daerah dengan sumber air yang meragukan, baiknya direbus saja terlebih dahulu. 

Hindari juga mencampur minuman dengan air keran ataupun es batu. Anda tidak akan pernah tahu es batu tersebut terbuat dari sumber air mana. Lebih baik Anda memilih minuman yang disajikan dengan air panas, seperti teh panas atau kopi panas yang lebih aman untuk dikonsumsi. 

Satu hal lain yang perlu diperhatikan, tidak semua air mineral botolan aman. Oleh karena itu, pilih merek yang terpecaya di negara tersebut dan pastikan segelnya masih terpasang. Air mineral dispenser juga patut Anda curigai. Rebus saja terlebih dahullu air dari dispenser. 

Cuci bahan terlebih dahulu. Jika Anda membeli sayuran atau buah segar untuk dimakan di perjalanan, pastikan Anda mencucinya terlebih dahulu sebelum memakannya. Selain dicuci, kulit buah juga sebaiknya Anda kupas terlebih dahulu. 

Jangan lupa mencucinya dengan air mineral botolan jika Anda tidak yakin air di kawasan tersebut bersih atau tidak. Namun, bila kondisi mencuci sayuran atau buah tidak memungkinkan, maka pilihlah buah-buahan yang kulitnya tidak bisa dimakan, contohnya adalah pisang.

Makanan panas dan makanan dingin. Makanlah makanan panas dalam keadaan panas dan makanan dingin dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, misalnya makanan yang Anda pesan seharusnya disajikan dalam keadaan panas, maka pastikan makanan tersebut panas saat disuguhkan di hadapan Anda. 

Begitu juga sebaliknya, makanan yang harusnya disajikan dalam keadaan dingin. Jika tidak, maka makanan tersebut tidak aman untuk disantap.

Aturan satu jam. Jangan mengonsumsi makanan yang telah dibiarkan terbuka selama lebih dari satu jam, terutama jika suhu udara atau suhu ruangan begitu panas, yaitu suhu di atas 32 derajat celcius. 

Bersihkan peralatan. Kuman hidup lebih lama di benda-benda tak berpori seperti plastik. Saat melakukan perjalanan di pesawat, kereta api, dan bus, bersihkan terlebih dahulu meja makan, senderan tangan, maupun pintu kamar mandi. Gunakan tisu basah untuk membersihkannya. 

Kerjakan hal yang sama saat di hotel. Lap terlebih dahulu saklar lampu, remote televisi, pegangan pintu kamar mandi, dan telepon. Jangan lupa cuci terlebih dahulu peralatan makan yang tersedia di dalam kamar hotel seperti gelas, sendok, piring, dengan air panas.

Sedotan. Di tempat-tempat makan yang tak terlalu terjamin kebersihannya, biasakan menggunakan sedotan saat minum. Hindari meminum langsung dari bibir gelas maupun menegak langsung dari botol. Namun, perhatikan pula apakah sedotan yang disediakan adalah sedotan yang masih baru. 

Peralatan makan sendiri. Bila Anda berkunjung ke negara-negara berkembang, maupun beberapa negara yang higienitasnya tak tejamin, ada baiknya Anda membawa peralatan makan sendiri.

Sekarang ini sudah banyak dijual peralatan makan yang khusus didesain buat dibawa bepergian. Ukurannya lebih kecil dan ringkas. Anda bisa membawa tempat minum, sendok, garpu, sumpit, sampai sedotan yang bisa dipakai kembali.

Selasa, 30 Oktober 2012

Obyek Wisata Taman Laut Bunaken

Berlokasi dikelurahan Bunaken kecamatan Bunaken ada Taman Laut berjarak sekitar 7 mil dari Pelabuhan Manado yang bisa ditempuh selama 35 menit dari pusat kota dengan memakai kapal motor. Pada mulanya Bunaken merupakan pulau karang (atol). Luas wilayahnya sekitar 887,5 hektare dengan kondisi morfologi sedikit bergelombang. Taman Nasional Bunaken adalah salah satu Taman Laut terindah di dunia.

Sebagian besar wilayah pantainya terdiri dari hutan bakau dan pasir putih. Lautnya ada semacam terumbu karang keras dan lembut, dinding karang yang terjal, dengan beraneka bentuk dan warna biota laut diantaranya terdapat ikan hiu, kura-kura, Mandarin Fish, kuda laut, ikan pari, dan yang terkenal adalah ikan purba Raja Laut (Coleacant) dan masih banyak lagi yang membentuk taman laut nan indah. Keindahan taman lautnya dapat dilihat pada lokasi-lokasi yang disebut dengan Lekuan 1, 2, dan 3, Fukui, Mandolin, Tanjung Paragi, Ron's Point, Sachiko Point, Pangalisang, Muka Kampung, dan Bunaken Timur. 

Merupakan tempat wisata Laut dan wisata bahari dengan obyek kunjungan wisata, yakni laut dan pantai. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan, berupa menikmati taman laut dengan cara sigtseeing (berkeliling) naik perahu berkaca (katamaran), snorkeling (berenang memakai alat pernapasan), diving (menyelam), dan photografi underwater (foto bawah laut); serta berjemur badan dan tamasya pantai. Fasilitas yang disediakan di taman laut Bunaken, yaitu perahu berkaca, diving center, cottage (penginapan) rumah makan, pendopo, dan kios cenderamata.

Info Wisata Kuliner Rujak Cingur

Ada satu makanan khas orang jawa timur yang sangat gampang diketemukan bila kita berwisata ke propinsi ini yaitu, rujak cingur yang merupakan salah satu makanan tradisional Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata "cingur" berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur umumnya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur),bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang. 

Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diuleg, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak uleg.

Dalam menyajikan rujak cingur dibedakan menjadi dua macam, yakni penyajian 'biasa' dan 'matengan' (menyebut huruf e dalam kata matengan seperti menyebut huruf e dalam kata: seperti/menyebut/bendoyo). Penyajian 'biasa' atau umumnya, berupa semua bahan-bahan yang telah disebutkan diatas, sedangkan 'matengan' (matang, jawa) hanya terdiri dari bahan-bahan matang saja; lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo (krai yang digodok) dan sayur (kangkung, kacang panjang, tauge) yang telah digodok. Tanpa ada bahan 'mentah'nya yaitu buah-buahan, karena pada dasarnya ada orang yang tidak menyukai buah-buahan. Keduanya memakai saus/bumbu yang sama.

Makanan ini disebut rujak cingur sebab bumbu olahan yang dipakai ialah petis udang dan irisan cingur. Hal ini yang membedakan dengan makanan rujak pada umumnya yang biasanya tanpa menggunakan bahan cingur tersebut. Rujak cingur biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring.

Senin, 29 Oktober 2012

Tujuan Wisata Bahari Maumere


Pada ibukota Kabupaten Sikka di pulau Flores Maumere, Nusa Tenggara Timur. Kota Nyiur Melambai ini dengan keindahan pantai dan lautnya yang bersih, berpasir putih, dan kekayaan hayati lautnya tentunya akan mempesona anda. Kebanyakan turis-turis Eropa yang berwisata ke sini, disebabkan buat mencapainya anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Namun jika Anda hendak berkunjung ke sana, ini beberapa lokasi wisata bahari yang dapat anda kunjungi.

1. Taman laut Teluk Maumere
Ini salah satu taman laut terindah di dunia dengan berbagai macam biota laut dan terumbuh karang berwama-warni yang menghiasi alam bawah lautnya. Pantai Waiara terletak 11 km arah timur Kota Maumere. Beberapa tempat yang menyediakan fasilitas seperti alat diving dan snorkeling misalnya Sea world club dan Sao Wisata Hotel. Di Sea World Club and Diving, biayanya sekitar Rp 200 ribu untuk snorkeling. Untuk Diving, biayanya sekitar Rp 700 ribu. Anda juga bisa menikmati panorama matahari tenggelam (sunset) di tepi pantai Waiara.

2. Pulau Kambing dan Pulau Pangabatang
Ini merupakan dua pulau berpasir di depan Teluk Maumere. Panoramanya indah dengan pasir putih serta terumbu karang. Kerap jadi tujuan terbaik bagi para peselam dan pencinta bahari. Setiap hari perahu motor berangkat pergi pulang dari pelabuhan Sadang Bui ke Pulau Kambing. Untuk sampai ke sang hanya butuh waktu satu setengah jam. Sementara ke Pulau Pangabatang dapat berangkat dengan perahu motor melalui Nangahure.

3. Paga dan Wolowiro
Berlokasi sekitar 40 dan 50 Km arah selatan Kota Maumere pada lintasan jalan menuju Ende. Anda dapat menikmati keindahan pantai berpasir putih dengan bentangannya yang panjang di pantai Paga. Dari pantai Paga, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Wolowiro. Di sini, ada sebuah pantai berpasir putih dengan terumbu karang menghiasi air lautnya. Namanya Pantai Koka. Mumpung di sini, mampir sekalian ke kampung bernama Mau Lo'o untuk melihat rumah adat Lio.

4. Wairterang
Jaraknya 31 Km arah Timur Maumere jalan menuju Larantuka. Beberapa cottage di sekitar pantai menyediakan fasilitas diving dan snorkeling. Di perairan Wairterang ada sebuah kapal Jepang peninggalan Perang Dunia Ke-2. Ini menjadi situs selam yang diminati. Selain itu, Anda bisa menikmati terumbu karang dan biota laut yang beragam.

5. Pantai Kajuwulu
Lokasinya 24 km arah barat Kota Maumere. Tanjung yang dikelilingi bukit-bukit. Mata dimanjakan dengan pemandangan pantai yang penuh dengan pasir putih. Air lautnya yang jernih sangat cocok untuk berenang dan snorkeling.

(dikutip dari berbagai sumber)

Minggu, 28 Oktober 2012

Info Pengertian Dari Wisata Ziarah

Pilgrimage tourism atau yang bernama indonesia wisata ziarah merupakan wisata atau traveling yang dilaksanakan oleh seseorang maupun kelompok buat tujuan berziarah maupun buat menjalankan bagian dari kepercayaan spiritual atau agamanya, untuk misionari, atau untuk kesenangan spiritual. 

Menurut data World Tourism Organization, situs-situs wisata ziarah masih menjadi tujuan utama para wisatawan seluruh dunia. Setiap tahun sekitar 330-350 juta wisatawan dari berbagai macam agama dan kepercayaan mendatangi situs-situs ziarah di seluruh dunia. 

Dari ritual Haji ke Mekah untuk umat Muslim, hingga ritual penyucian diri dengan mandi di Sungai Gangga untuk umat Hindu India.

Satu bentuk baru dari wisata ziarah adalah secularism tourism atau wisata sekuler, yaitu wisata ziarah yang bukan berdasarkan motif agama atau kepercayaan adat, namun karena latar belakang ikatan spiritual, kekaguman, dan popularisme. 

Seperti para penggemar Elvis menaruh karangan bunga di Memphis di setiap hari peringatan kematiannya. Atau kalau di Indonesia, para penggemar penyanyi Nike Ardilla selalu melakukan ritual tabur bunga di hari peringatan kematian Nike untuk mengenang sosoknya.  

(dikutip dari berbagai sumber di internet)

Sabtu, 27 Oktober 2012



Ayo para pengunjung blog tips wisata kuliner pasti baru mendengar ada tempat wisata yang namanya Pantai Pulorida kan? pasti sebagian dari kalian agak mengerenyutkan dahi saat mendengar nama pantai yang satu ini. Pantai Pulorida merupakan salah satu pantai yang masih berada di kawasan provinsi Banten. Tepatnya di Merak, kecamatan Cilegon provinsi Banten. Pantai ini memang jarang dikunjungi oleh wisatawan diluar masyarakat sekitar. Disebabkan namanya tidak setenar pantai Anyer. Namun meskipun begitu, Pantai Pulorida selalu ramai dikunjungi ketika hari libur tiba. Pantai Pulorida ini sering dijadikan penghilang penat oleh masyarakat sekitar setelah lelah seharian beraktifitas.

Asal Nama Pantai Pulorida

Bila dilihat dari namanya, pantai Pulorida ini seperti Pantai Florida di Amerika Serikat ya? hehe  tapi jangan salah tanggap, pantai ini masih ada di Indonesia ko. Dari pelabuhan Merak sekitar 4 Km. Nama Pulorida sendiri konon katanya diambil dari dua kata yaitu Pulau dan Ridho, yang artinya pulau yang diridhoi. Karena memang di depan pantai ini ada sebuah pulau kecil. Dulunya nama pulau itu adalah pulorida. Tapi sekarang malah berganti, dan nama pulorida itu sendiri menjadi nama pantai yang menjadi objek wisata.

Pantainya yang landai, dangkal, serta ombaknya yang tenang menjadikan pantai ini asyik sekali untuk berlibur bersama keluarga apalagi yang membawa anak-anak. Dulunya di pantai ini ada sebuah jembatan yang sekarang sudah roboh. Sayang sampai sekarang belum diperbaiki, padahal jika diperbaiki akan menjadi daya tarik tersendiri pantai ini.

Buat menuju pantai pulorida ini agak membingungkan. Disebabkan letak pantai ini tertutupi oleh tembok. Namun jangan khawatir, karena ada papan penunjuk jalan menuju pantai ini.

Fasilitas Di Pantai Pulorida

Di pantai pulorida termasuk mempunyai fasilitas yang lengkap untuk bersantai. Buat para orang tua yang tidak mau berenang dapat menyewa tikar dengan harga yang murah. Dan memberikan para anak-anak ban bekas yang disewakan untuk bermain air di laut. Sekedar untuk berenang atau mengapung-ngapung di laut.

Suasana di  pantai ini begitu indah apalagi pada waktu matahari terbenam. pantai ini sangat terlihat keelokannya. Sayangnya keindahan pantai ini agak terganggu dengan kapal-kapal tongkang pengangkut batu bara untuk perusahaan besar yang ada di dekat pantai itu yakni PT.Suralaya yang dibawah naungan Indonesia Power. Namun meskipun begitu, keberadaan kapal-kapal itu memberikan kesan tersendiri untuk sebagian orang. tergantung bagaimana sudut pandang kita. Selamat menikmati Pantai Pulorida.

Jumat, 26 Oktober 2012

Info Obyek Wisata Musium Wayang Indonesia


Walaupun para wisatawan lebih meminati tempat wisata alam. Namun buat para pelancong sejati pastinya tidak boleh lupa juga akan tempat-tempat wisata sejarah. Oleh sebab dari tempat wisata sejarah itu juga lah kita bisa mengenal sejarah bangsa Indonesia. Bila pada artikel selanjutnya admin akan mengulas beberapa tempat wisata sejarah seperti Museum Fatahillah dan Museum Nasional Indonesia. Pada saat ini kita akan lebih mendalami lagi salah satu tempat wisata sejarah yang tidak kalah membanggakannya buat kita sebagai warga Negara Indoensia yakni Museum Wayang.

Museum yang masih terletak di kawasan kota Tua Batavia ini merupakan salah satu museum yang hampir dilupakan para wisatawan. Museum Wayang ini berdekatan dengan Museum Fatahillah, Museum Bank Indoensia, Museum Bank Mandiri, dan Museum Keramik. Di museum ini terdapat berbagai aneka wayang dari seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Ada wayang-wayang dari sunda, jawa, Bali, lombok serta ada juga beberapa wayang dari negara luar seperti Malaysia, Kamboja, Prancis, India, dan lain-lain. Di museum ini juga terdapat kurang lebih 5.147 wayang yang disimpan baik di dalam museum. Wayang-wayang itu didapat dari hibah, pembelian, sumbangan, dan titipan.

Kata wayang sendiri sebetulnya berasal dari kata “bayang-bayang”. Dimana dulu wayang digunakan untuk berkomunikasi dengan para roh leluhur dengan perantaranya yaitu seorang dalang. Namun wayang ini akhirnya berkembang menjadi hiburan, sarana komunikasi, dan budaya.

Gedung Museum Wayang ini mempunyai keunikan tersendiri. Bangunannya yang bergaya Belanda dan Eropa ini memang sudah beberapa kali mengalami perombakan. Yang akhirnya pada tanggal 13 Agustus 1975 diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu untuk dijadikan sebuah museum.

Pada saat kita memasuki musem Wayang ini, kita akan disambut dengan dua patuh ondel-ondel sebagai ciri khas ada betawi. Di museum ini terdapat berbagai wayang mulai dari wayang kulit, wayang golek, serta wayang topeng. Selain itu, alat-alat seputar perwayangan juga ditampilkan di museum ini. Mulai dari alat untuk pencahayaan ketika penampilan wayang kulit. Alat-alat musik yang biasa digunakan ketika penampilan wayang seperti gamelan dan lain-lain dapat kita temuka di museum ini.

Ketika para pengunjung sudah puas mengelilingi museum ini, kita bisa beristirahat di Taman Museum Wayang yang terletak di tengah gedung lantai dasar. Di taman itu juga terdapat prasasti-prasasti peninggalan sejarah. Sayang sekali jika kita mengunjungi museum ini tapi tidak menikmati taman di museum wayang ini juga.

Di dekat pintu keluar, terdapat juga para penjual cendramata yang menjual berbagai cendramata khas museum wayang seperti wayang-wayang kulit, wayang golek, wayang topeng, serta cendramata lainnya. Wayang-wayang itu bisa dijadikan cendramata untuk keluarga bila kita pulang nantinya.

Letak Museum Wayang ini tepatnya terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.27 Jakarta Kota. Museum ini mulai buka dari jam 09.00 – 15.00 WIB, dan bila kita mau masuk cukup dengan membayar tiket Rp 2.000 untuk dewasa, Rp 1.000 untuk mahasiswa dan Rp 6.00 untuk anak-anak. Biaya  yang sangat murah buat sebuah tempat wisata sejarah di Jakarta. Namun buat datang ke musem ini juga kita mesti memperhatikan beberapa hal seperti pada hari senin dan hari-hari besar museum ini tutup. Jadi pilih waktu dan moment yang tepat untuk menikmati tujuan wisata sejarah di Jakarta ini. Selamat jalan-jalan,

Kamis, 25 Oktober 2012

Obyek Wisata Pantai Klayar di Pacitan


Obyek wisata baru Pantai Klayar atau Klayaran yang terletak dipacitan pasti masih kedengeran asing di telinga anda. Ini disebabkan karena memang pantai ini belum dikelola menjadi daerah tujuan wisata. Pemerintah setempat masih membiarkan pantai ini alami walau menyimpan banyak potensi wisata dan dapat dikelola dengan baik. Seperti halnya Pantai Sawarna di Banten, Pantai Klayar dikenal lewat dunia internet maupun dunia maya dan dari mulut kemulut.

Pantai Klayar berlokasi di Pacitan jawa timur, sebuah area disisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah. Tepatnya berada di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan. Pantai ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata.

Sebagai bagian dari pantai selatan, Pantai Klayar menyimpan banyak keindahan yang unik dan meyimpan misteri. Keindahan yang ada diantaranya pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang indah. Dan ternyata, lebih banyak turis asing yang mengenal Pantai Klayar dibanding wisatawan domestik. Ini mengingat masih minimnya pemberitaan dimedia offline. Dan wisatawan mancanegara itu tentu tahunya dari internet. Meski hanya memiliki garis pantai yang tidak panjang, Pantai Klayar begitu mempesona. Garis Pantinya kira-kira seperti Pantai Ancol di Jakarta.

Akses ke Pantai Klayar
Sebagai pantai yang belum ramai dikunjungi apalagi dikelola resmi, akses menuju pantai ini boleh dibilang misterius seperti mencari harta karun. Dari Yogyakarta, bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan melalui jalan tembus. Dan dari Pacitan kota bisa ditempuh dengan sepeda motor selama 3 jam perjalanan. Pantai Klayar merupakan sebuah teluk kecil yang kanan kirinya dibatasi oleh tebing-tebing karang, mirip seperti Pantai Karma Kandara.

Hal-hal aneh di Pantai Klayar
Pantai Klayar pada hari-hari biasa tidak banyak dikunjungi pelancong. Hanya anda temukan masyarakat lokal nelayan yang sedang melaut. Baru di akhir pekan atau liburan, banyak pengunjung yang ingin membuktikan misteri-misteri di pantai ini.

Suasana sepi pengunjung membuat anda bisa mendengar hembusan angin, misterius bukan? Di kanan kirinya banyak dipagari nyiur hijau. Di pantainya yang berpasir putih, anda juga bisa menemukan sisa-sisa binatang laut yang sudah mati.

Ada dua karang tinggi setinggi pohon kelapa dan menjadi ikon favorit wisatawan. Letaknya ada di sisi timur. Di balik karang ini, masih banyak lagi terdapat karang yang tak lelah diterjang ombak Laut Selatan. Dan diantara karang-karang itu, terdapat karang raksasa yang mirip Tanah Lot di Pulau Bali. Makanya tidak heran jika ada yang Klayar sebagai Tanah Lot di Pacitan, Jawa Timur. Ada juga sungai-sungai kecil yang bermuara di Pantai Klayar. Sungai dangkal bisa dilewati dengan jalan kaki. Kedalamannya ada yang sepaha orang dewasa di beberapa titik.

Sedangkan di sisi baratnya, ada karang yang lebih tinggi dan lebih besar, tingginya mencpaai 50 meter. Tebing karang ini merupakan gugusan karang. Tebing eksotis ini mirip seperti tempat bersandarnya kapal Nabi Nuh atau perang Inggris vs Perancis di film Robin Hood. Dan di pantainya sendiri terdapat hamparan karang-karang kecil. Keindahan lanskap pantai Klayar sangat pas dinikmati dari tebing ini. Dan di tebing sisi kanan ini sudah dibuat gardu pandangnya.

Buat yang pernah ke Mesir, di deretan tebing karang di sisi timur inilah terdapat karang raksasa mirip Sphinx. Dan di deretan karang-karang di belakangnya, banyak karang yang berlubang sehingga memungkin air laut dan angin memasuki karang itu. Saat ombak datang,dari celah-celah kecil karang ini ada air mancur alamiyang muncrat hingga ketinggian 10 meter. Airmancur ini akibat tekanan ombak laut yang melewati celah kecil. Sesuai dengan teori Teori Bernoulli di pelajaran Fisika. Ketika muncrat, tak jarang airmancur ini juga mengeluarkan suara aneh mirip seruling. Makanya banyak yang menamai seruling laut. Di sebelahnya lagi itulah letak air terjun setinggi dua meter.

Jika anda pecinta foto narsis, cobalah naik ke pinggang karang Sphinx. Dari sudut dan momen yang tepat, anda dapat berfoto di Sphinx dengan latar belakang air mancur raksasa dan air terjun laut. Dan masih di deretan karang sphinx ini, anda bisa menemukan Karang Bolong. Karang yang bolong (berlubang) akibat abrasi karena tiupan angin laut.

Bila anda sudah berwisata ke tempat ini, jangan lupa buat mempromosikannya ke teman, keluarga, atau kolega. Agar Pantai Klayar menjadi tempat tujuan wisata favorit keluarga Indonesia dan dunia.



Para wisatawan yang suka memancing ke pulau seribu maupun cuma sekedar menyebrang dan menikmati keindahan bahari di kepulauan seribu pasti sangat akrab dengan obyek wisata ini. Lokasinya berjarak sekitar 25 Km dari kota Tangerang. tepatnya di Desa Tanjung Pasir kecamatan Teluk Naga Tangerang – Banten.Wisatawan khususnya dari Tangerang dan Jakarta banyak berkunjung kepantai yang sudah banyak perkembangannya ini. Lokasinya yang dekat dari dua kota besar yakni jakarta dan Tangerang  menjadikan pantai Tanjung Pasir ini adalah tujuan favorit para wisatawan.

Pantai Tanjung Pasir Menjadi Area Penyebrangan

Pada umumnya pantai Tanjung Pasir ini bukan tujuan akhir bila para wiatawan datang kesini. Mereka biasanya langsung menyebrang ke salah satu pulau di kepulauan seribu yaitu pulau untung jawa. Para wisatawan yang ingin menyebrang dari Pantai Tanjung Pasir bisa menggunakan perahu-perahu nelayan yang bermesikan diesel. Suaranya seperti mobil truk, dengan membayar sekitar Rp 20.000 untuk rute pulang pergi. Tapi dengan syarat harus menaiki kapal yang sama. Saran, jika kalian mau menyebrang ke pulau seribu, sebaiknya ketika kembali jangan terlalu sore. Karena menghindari ombak yang kian membesar. Dibandingkan daerah-daerah lain yang sering digunakan untuk menyebrang ke kepulauan seribu. Melalui Pantai Tanjung Pasir ini adalah salah satu yang paling ramai. Karena kita ketahui sendiri bahwa Kepulau seribu sudah menjadi destinasi favorit sejak dulu.

Tiket Masuk Menuju Pantai

Selain menjadi area penyebrang menuju Pulau Seribu, Pantai tanjung pasir juga bisa dijadikan tujuan wisata yang mengasyikan. Untuk menuju Pantai Tanjung Pasir ini ada 3 pintu masuk. Dua pintu masuk dikelola oleh masyarakat dan satu pintu masuk dikelola oleh Angkatan laut. Biaya masuk menuju pantai ini adalah Rp 15.000 untuk kendaraan bermotor.

Dulu pantai ini seperti pantai – pantai biasa, namun kini pantai Tanjung Pasir sudah mengalami perkembangan. Sekarang di pantai ini lebih bersih, rapi, dan ada taman kecil juga. Dan ada area khusus buat menggelar event. Pada waktu hari libur tiba, biasanya ada saja event yang diadakan di area Pantai Tanjung Pasir ini. Bagaimana? tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata Pantai Tanjung Pasir? 

Kiat-kiat / Tips Wisata ke Pedalaman


Mungkin bagi sebagian orang pilihan berlibur adalah berpergian kepedalaman buat menikmati keindahan alam, tapi memang pendapat itu ada benarnya dipedalaman atau daerah terpencil atau belum banyak wisatawan yang tahu biasanya sangat elok dan indah pemandangannya. Namun terkadang untuk menuju ke pedalaman, medan yang ditempuh berat dan memerlukan beberapa persiapan. Begitu pula, saat sudah mencapai tujuan dan menghabiskan beberapa waktu di pedalaman.

Yang pasti, stamina tubuh harus dijaga betul sebelum berangkat. Selain itu, barang bawaan pun harus benar-benar dipikirkan. Jangan sampai terlalu berat. Karena jika untuk menempuh daerah pedalaman itu dengan berjalan kaki, judulnya adalah kita harus membawa sendiri ransel. Repot jika bagasi terlalu berat.

Apa saja yang harus diperhatikan dan dipersiapkan untuk berlibur ke pedalaman? Ini dia:

1. Pilihlah sepatu tepat
Alam merupakan medan yang sulit diprediksi. Jika mencapai tempat liburan di daerah pedalaman, pilihlah jenis sepatu dengan cermat. Untuk menghindari terpeleset dan bisa menahan berat badan saat berjalan, ada baiknya memilih sepatu dengan sol yang bagus.
Pilih sepatu yang ringan dan berbahan cukup tebal sehingga bisa menjaga kaki tetap hangat saat menjelajah jalur yang becek atau lembap. Selain itu, jangan lupa juga membawa sandal gunung sebagai cadangan. Sandal ini dipakai saat sudah mencapai tujuan atau saat mandi agar kaki tetap bersih. Oh ya, jangan lupa juga membawa beberapa kaos kaki cadangan.

2. Kombinasi jaket dan jas hujan
Dengan membawa ransel sendiri, muatan di dalam tas tentu harus diseleksi. Sementara bila harus membawa baju penghangat dan sekaligus jas hujan, ransel pun akan langsung sesak. Untuk itu, sebelum berangkat, ada baiknya berburu jaket yang tidak terlalu tebal dan usahakan bahan luarnya terbuat dari bahan kanvas dan memiliki topi kupluk. Sehingga, ketika hujan tidak terlalu deras, kita tidak berjalan kuyup.

3. Obat-obatan sebagai cadangan
Meski belum tentu digunakan, tidak ada salahnya untuk membawa obat pusing, minyak anti masuk angin dan obat pembersih seperti Betadine dan plester saat berlibur ke pedalaman. Bagi yang punya kulit sensitif, jangan lupa juga membawa salep antinyamuk agar malam bisa tidur dengan nyaman.

4. Selalu bawa senter dan lilin
Alat penerangan di malam hari adalah salah satu yang penting dibawa. Kita memang nanti bisa membuat api unggun, namun sebagai penerangan pribadi, jangan lupa untuk membawa lampu senter atau lilin dan korek api. Jika malam hari kita ingin membuang air kecil, kita tidak harus kehilangan arah mencari tempat buang air dan kembali ke tempat berkumpul.

5. Siapkan air minum dan camilan yang cukup
Yang terakhir adalah menyiapkan air minum dan camilan secukupnya. Mungkin sambil berjalan, kita dapat menemukan mata air maupun rumah penduduk buat dimintai air minum. Namun, selalulah menyisakan satu botol kecil dalam tas sebagai minuman cadangan. Begitu juga dengan makanan ringan sebagai pengganjal perut saat berjalan menempuh medan berat. Pilihlah makanan ringan yang mengenyangkan seperti makanan yang memberi energi.

Daftar Info Rute/Trayek Angkutan Umum di Jakarta


Kota Jakarta adalah miniatur Indonesia dan juga merupakan ibukotanya. Sebuah kota sekaligus juga sebuah propinsi. Buat ukuran sebuah kota tergolong amat besar dan relatif kecil buat ukuran propinsi dibanding dengan propinsi lain di tanah air. Sebab kota yang berperan sebagai propinsi dan pusat pemerintahan juga ekonomi Indonesia, Jakarta dinamakan sebagai Daerah Khusus Ibukota.

Buat yang baru pertama kali berkunjung ke Jakarta pastinya akan bingung bila mau hendak bepergian. Tanpa kendaraan pribadi, dibutuhkan pengetahuan mengenai rute/trayek angkutan umum di kota ini. Beberapa angkutan umum yang banyak populasinya ialah Kopaja, metromini, PPD, mikrolet, bajaj, dan ojeg tentunya. Untuk anda yang berkantung tebal, bolehlah memasukkan taksi termasuk taksi eksekutif yang disediakan oleh Blue Bird, white horse, express, dll.

Dibawah ini adalah daftar Info rute/trayek angkutan umum di Jakarta baik buat kebutuhan sehari-hari maupun menuju tempat wisata di ibukota tercinta ini:

1. Kopaja
* 19 trayek Tanah Abang – Sudirman – Kb. Ragunan
* 20 trayek Lebak Bulus – Rasuna Said – Senen
* 27 trayek Pasar Senen – Kelapa Gading
* 57 trayek Blok M – Kalibata – Cililitan
* 63 trayek Blok M – Ampera – Depok
* 66 trayek Blok M – Sudirman – Manggarai
* 68 trayek Kp. Melayu – Ps. Minggu – Kb. Ragunan
* 86 trayek Lebak Bulus – Slipi – Grogol
* 502 trayek Kampung Melayu – Tanah Abang
* 602 trayek Tanah Abang – Mampang – Kb.Ragunan
* 605 trayek Blok M – Kemang – Kp. Rambutan
* 605A trayek Blok M – Kemang – Kb.Ragunan
* 608 trayek Blok M – Tanah Abang
* 612 trayek Kp.Melayu – Kemang – Kb. Ragunan
* 613 trayek Blok M – Bintaro
* 614 trayek Pasar Minggu – Blok M – Cipulir
* 615 trayek Tanah Abang – Blok M – Lebak Bulus
* 616 trayek Blok M – Ps Minggu – Cipedak
* 620 trayek Blok M – Mampang – Pasar Rumput

2. Metro Mini
* 001 rute Senen – RS Islam Cempaka Putih – Taman Solo
* 003 rute Senen – Cempaka Putih – Rawamangun
* 005 rute Senen – Johar Baru – Mardani
* 007 rute Senen – Cempaka Mas – Semper
* 010 rute Senen – Kemayoran – Sunter
* 011 rute Senen – Kemayoran – Bendungan Jago
* 015 rute Senen – Sabang – Setiabudi
* 017 rute Senen – Cikini – Manggarai
* 023 rute Tanjung Priok – Cilincing
* 024 rute Tanjung Priok – Sunter – Senen
* 029 rute Kota – Pademangan – Sunter
* 030 rute Kota – Pluit – Muara Angke
* 041 rute Pulo Gadung – Tugu – Tanjung Priok
* 042 rute Pulo Gadung – Penggilingan – Perumnas Klender
* 043 rute Pulo Gadung – Pondok Ungu – Seroja
* 044 rute Pulo Gadung – Penggilingan – Pulo Gebang
* 045 rute Pulo Gadung – Jatiwaringin – Pondok Gede
* 046 rute Pulo Gadung – Utan Kayu – Kampung Melayu
* 047 rute Senen – Cempaka Putih – Pondok Kopi
* 049 rute Pulo Gadung – Utan Kayu – Manggarai
* 050 rute Kampung Melayu – Duren Sawit – Perumnas Klender
* 052 rute Kampung Melayu – Buaran – Stasiun Cakung
* 053 rute Kampung Melayu – Condet – Kampung Rambutan
* 054 rute Kampung Melayu – Kalimalang – Pondok Kelapa
* 058 rute Cililitan – Pondok Bambu – Perumnas Klender
* 060 rute Manggarai – Tebet – Kampung Melayu
* 061 rute Manggarai – Bukit Duri – Kampung Melayu
* 062 rute Manggarai – Pancoran – Pasar Minggu
* 064 rute Pasar Minggu – Kalibata – Cililitan
* 069 rute Blok M – Kyai Maja – Kreo – Ciledug
* 070 rute Blok M – Pos Pengumben – Joglo
* 071 rute Blok M – Tanah Kusir – Kodam Bintaro
* 072 rute Blok M – Pondok Indah – Lebak Bulus
* 074 rute Blok M – Tanah Kusir – Rempoa
* 075 rute Blok M – Mampang – Pasar Minggu
* 076 rute Blok M – Cilandak – Kampung Rambutan
* 077 rute Blok M – Kemang – Ragunan
* 078 rute Blok M – Mayestik – Kebayoran Lama – Cidodol
* 079 rute Blok M – Fatmawati – Lebak Bulus
* 082 rute Kalideres – Kamal – Kapuk – Grogol
* 084 rute Kalideres – Pluit – Kota
* 085 rute Kalideres – Permata Hijau – Lebak Bulus
* 091 rute Batusari – Tanjung Duren – Citraland – Grogol – Roxy Mas – Tanah Abang
* 092 rute Joglo – Kedoya – Jalan Panjang – Daan Mogot – Grogol
* 506 rute Kampung Melayu – Klender – Pondok Kopi
* 610 rute Blok M – Cipete – RS Fatmawati – Pondok Labu
* 611 rute Blok M – Pondok Pinang – Pasar Jum’at
* 619 rute Blok M – Pangeran Antasari – Pondok Labu – Cinere
* 640 rute Pasar Minggu – Pancoran – Tosari
* 719 rute Lebak Bulus – Pondok Gede – Jatiasih
* 733 rute Blok M – Bintara – Kranji
* 783 rute Kampung Melayu – Kalimalang – Cibubur – Cileungsi
* 789 rute Perumnas Klender – Pulo Gadung – Harapan Indah
* 792 rute Perumnas Klender – Pondok Kelapa – Bekasi
* 811 rute Blok M – Lebak Bulus – Rempoa – Bintaro
3. Mayasari Bhakti

P6 : Grogol – Kp Rambutan
P55 : Grogol – Kp Melayu
57 : Blok M – Pulogadung
300 : Blok M – Rawamangun
107 : Kp Melayu – Blok M

4. Patas AC

Patas AC 81 : Depok – Kalideres
Patas AC 43 : Grogol – Cibinong
Patas AC 05 : Bekasi – Blok M

5. PPD

PPD 45 : Blok M – Kp Rambutan (biasanya hanya sampe cililitan)
PPD 46 : Grogol – Kp Rambutan (biasanya hanya sampe cililitan)
PPD Patas AC 79 : Rambutan – Kota

6. TransJakarta (BusWay)

Koridor 1 : Blok M – Kota
Koridor 2 : Pulogadung – Harmoni
Koridor 3 : Kalideres – Harmoni
Koridor 4 : Pulogadung – Dukuh Atas
Koridor 5 : Kp Melayu – Ancol
Koridor 6 : Ragunan – Dukuh Atas
Koridor 7 : Kp Rambutan – Kp Melayu
Koridor 8 : Lebak Bulus – Harmoni

7. PO. Deborah

* Trayek Depok – Lb Bulus
* Trayek Depok – Kalideres
* PO. Tunggal Daya
* Trayek Lb Bulus – Bekasi

8. Steady Safe
* Patas AC 48 : Depok – Grogol
* Patas AC 104 : Kp Melayu – Cimone

9. Damri

Bandara – Lb Bulus
Bandara – Blok M
Bandara – Gambir
Bandara – Rw Mangun
Bandara – Rambutan
Bandara – Ps Minggu
Bandara – Bekasi
Bandara – Bogor
Bandara – Cikarang
Gambir – Tanjung Karang (Lampung)

10.Koantas Bima

* 101 rute Tanah Abang – Pondok Cabe
* 102 rute Tanah Abang – Ciputat
* 507 rute Kampung Melayu – Cimanggis
* 509 rute Kampung Rambutan – Lebak Bulus
* 510 rute Kampung Rambutan – Ciputat
* 621 rute Blok M – Ciputat

11. Angkot & Mikrolet

Angkutan Umum B03 ===>Joglo – Citraland, lewat Meruya, Kedoya, Tanjung Duren.
Angkutan Umum B14 ===> Puri Indah – Citraland, Pasar Puri, Kedoya, Arjuna, Tanjung Duren. Angkutan Umum C01 ===> Kebayoran Lama – Ciledug
Angkutan Umum C14 ===> Lebak Bulus – Ciledug
Angkutan Umum C05 ===> Kebayoran Lama – Ceger
Angkutan Umum D18 ===> Ciputat – Ciledug
Angkutan Umum D01 ===> Kebayoran Lama – Ciputat
Angkutan Umum D02 ===> Pondok Labu – Pamulang
Angkutan Umum S03 ===> Kebayoran Lama – Pondok Labu
Angkutan Umum S08 ===> Lebak Bulus – Bintaro
Angkutan Umum S11 ===> Lebak Bulus – Pasar Minggu
Angkutan Umum S12 ===> Lebak Bulus – Bona Indah
Angkutan Umum S14 ===> Lebak Bulus – Petukangan
Angkutan Umum M09 ===> Kebayoran Lama – Tanah Abang
Angkutan Umum M11 ===> Meruya – Tanah Abang
Mikrolet M16 ===> Trayek Pasar Minggu – Kampung Melayu
Mikrolet M06 ===> Trayek Kampung Melayu – Gandaria
Mikrolet M18 ===> Rute Kampung Melayu – Pondok Gede [Lewat Kali Malang]
Mikrolet M19 ===> Cililitan – Klender Bekasi
Mikrolet M29 ===> Cililitan – Kranji
Mikrolet M28 ===> Kampung Melayu – Pondok Gede [Lewat Cawang]
Mikrolet M01 ===> Rute Kampung Melayu – Pasar Senen
Mikrolet M27 ===> Rute Pulo Gadung – Kampung Melayu
Mikrolet M20 ===> Pasar Minggu – Jati Padang
Mikrolet M44 ===> Trayek Kampung Melayu, Ambassador Mall, Karet Kuningan
Angkot 461 ===> Rute UKI cawang – Pondok Gede

Selasa, 23 Oktober 2012


Info Obyek Wisata Candi Perambanan

Sebagai bukti sejarah kebudayaan Hindu yang pernah besar di Indonesia, Candi Prambanan memang mempunyai pesona keindahan tersendiri. Dikarenakan selain arsitekturnya dan penataannya yang menakjubkan, candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik buat para pelancong. Tidak mengejutkan jika candi yang berlokasi di tepi jalan raya 17 Km dari Yogyakarta menuju Solo ini menjadi obyek wisata yang handal buat kedua kota tersebut.

Komplek candi yang dibangun pada abad 9 M ini mempunyai tiga bangunan utama berarsitektur indah setinggi 47 meter. Ketiga bangunan tersebut melambangkan Trimurti, yaitu ajaran tentang tiga dewa utama yang terdiri dari Candi Siwa (Dewa Pelebur) di tengah,
Candi Brahma (Dewa Penjaga) di selatan, dan Candi Wisnu (Dewa Pencipta) di utara. Kemudian di depan bangunan utama ini terdapat tiga candi yang lebih kecil sebagai perlambang Wahana (kendaraan) dari Trimurti. Ketiga candi tersebut adalah Candi Nandi (kerbau) yang merupakan kendaraan Siwa, Candi Angsa kendaraannya Brahma, dan Candi Garuda kendaraan Wisnu.

Para pengunjung juga bisa menyaksikan dan mengikuti kisah cerita Ramayana yang reliefnya dipahatkan searah jarum jam pada dinding pagar langkan Candi Siwa dan bersambung di Candi Brahma. Sedangkan pada pagar langkan Candi Wisnu dipahatkan relief cerita Krisnayana.

Memasuki Candi Utama (Candi Siwa) dari arah utara, wisatawan juga dapat melihat patung seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Menurut legenda, Roro Jonggrang adalah putri Raja Boko yang ingin dinikahi oleh Bandung Bondowoso, seorang lelaki perkasa Putra Raja Pengging. Roro Jonggrang yang tidak mencintai Bandung, berusaha menolak pinangan ini dengan mengajukan syarat agar dibuatkan seribu candi dalam satu malam.

Dengan kekuatan supranatural, Bandung menyanggupi syarat tersebut dan hampir berhasil menyelesaikan tugasnya. Roro Jonggrang yang panik, berusaha menggagalkan keberhasilan ini dengan mengerahkan para wanita desa untuk membakar jerami dan menumbuk padi sehingga suasananya berubah seperti pagi hari.

Mengira waktunya sudah habis, seluruh kekuatan supranatural yang menolongf Bandung berlarian. Tak ayal, pekerjaan yang nyaris selesai akhirnya terbengkalai. Kegagalan ini tentu saja membuat Bandung murka. Dan karena tidak dapat menahan amarahnya, Bandung mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung.
Cerita legenda tersebut secara lengkap bisa wisatawan saksikan di gedung Museum yang berada di dalam lokasi Candi Prambanan. Sebab selain mempunyai ruang Audio Visual yang memutarkan film selama 15 menit tentang sejarah ditemukannya Candi Prambanan sampai pada proses renovasi dan purna pugarnya secara lengkap, Museum ini juga memamerkan koleksi benda-benda arkeologi juga perhiasan-perhiasan peninggalan raja Mataram kuno yang ditemukan di Wonoboyo, Klaten.

(dikutip dari berbagai sumber)

Info Obyek Wisata Candi Borobudur


Candi Buddha yang berlokasi di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah bernama candi borobudur. Letak candi ini kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Para penganut agama Buddha Mahayana mendirikan candi ini sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan dinasti Syailendra. Dalam etnis Tionghoa, candi ini disebut juga (Hanyu Pinyin: pó luó fú tú)

Banyak teori yang berusaha menjelaskan nama candi ini. Salah satunya menyatakan bahwa nama ini kemungkinan berasal dari kata Sambharabhudhara, yaitu artinya "gunung" (bhudara) di mana di lereng-lerengnya terletak teras-teras. Selain itu terdapat beberapa etimologi rakyat lainnya. Misalkan kata borobudur berasal dari ucapan "para Buddha" yang karena pergeseran bunyi menjadi borobudur. Penjelasan lain ialah bahwa nama ini berasal dari dua kata "bara" dan "beduhur". Kata bara konon berasal dari kata vihara, sementara ada pula penjelasan lain di mana bara berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya kompleks candi atau biara dan beduhur artinya ialah "tinggi", atau mengingatkan dalam bahasa Bali yang berarti "di atas". Jadi maksudnya ialah sebuah biara atau asrama yang berada di tanah tinggi.

Sejarawan J.G. de Casparis dalam disertasinya untuk memperoleh gelar doktor pada 1950 berpendapat bahwa Borobudur adalah tempat pemujaan. Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan, Casparis memperkirakan pendiri Borobudur adalah raja mataram dinasti Syailendra bernama Samaratungga, yang melakukan pembangunan sekitar tahun 824 M. Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani. Pembangunan Borobudur diperkirakan memakan waktu setengah abad. Dalam prasasti Karangtengah pula disebutkan mengenai penganugerahan tanah sima (tanah bebas pajak) oleh Çrī Kahulunan (Pramudawardhani) untuk memelihara Kamūlān yang disebut Bhūmisambhāra. Istilah Kamūlān sendiri berasal dari kata mula yang berarti tempat asal muasal, bangunan suci untuk memuliakan leluhur, kemungkinan leluhur dari wangsa Sailendra. Casparis memperkirakan bahwa Bhūmi Sambhāra Bhudhāra dalam bahasa sansekerta yang berarti "Bukit himpunan kebajikan sepuluh tingkatan boddhisattwa", adalah nama asli Borobudur.
Struktur Borobudur

Candi Borobudur berbentuk punden berundak, yang terdiri dari enam tingkat berbentuk bujur sangkar, tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Selain itu tersebar di semua tingkat-tingkatannya beberapa stupa.
Borobudur yang bertingkat sepuluh menggambarkan secara jelas filsafat mazhab Mahayana. bagaikan sebuah kitab, Borobudur menggambarkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha.

Bagian kaki Borobudur melambangkan Kamadhatu, yaitu dunia yang masih dikuasai oleh kama atau "nafsu rendah". Bagian ini sebagian besar tertutup oleh tumpukan batu yang diduga dibuat untuk memperkuat konstruksi candi. Pada bagian yang tertutup struktur tambahan ini terdapat 120 panel cerita Kammawibhangga. Sebagian kecil struktur tambahan itu disisihkan sehingga orang masih dapat melihat relief pada bagian ini.

4 lantai dengan dinding berelief di atasnya oleh para ahli dinamakan Rupadhatu. Lantainya berbentuk persegi. Rupadhatu adalah dunia yang sudah dapat membebaskan diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk. Tingkatan ini melambangkan alam antara yakni, antara alam bawah dan alam atas. Pada bagian Rupadhatu ini patung-patung Buddha terdapat pada ceruk-ceruk dinding di atas ballustrade atau selasar.

Bermula dari lantai kelima hingga ketujuh dindingnya tidak berelief. Tingkatan ini dinamakan Arupadhatu (yang berarti tidak berupa atau tidak berwujud). Denah lantai berbentuk lingkaran. Tingkatan ini melambangkan alam atas, di mana manusia sudah bebas dari segala keinginan dan ikatan bentuk dan rupa, namun belum mencapai nirwana. Patung-patung Buddha ditempatkan di dalam stupa yang ditutup berlubang-lubang seperti dalam kurungan. Dari luar patung-patung itu masih tampak samar-samar.

Tingkatan tertinggi yang menggambarkan ketiadaan wujud dilambangkan berupa stupa yang terbesar dan tertinggi. Stupa digambarkan polos tanpa lubang-lubang. Di dalam stupa terbesar ini pernah ditemukan patung Buddha yang tidak sempurna atau disebut juga unfinished Buddha, yang disalahsangkakan sebagai patung Adibuddha, padahal melalui penelitian lebih lanjut tidak pernah ada patung pada stupa utama, patung yang tidak selesai itu merupakan kesalahan pemahatnya pada zaman dahulu. menurut kepercayaan patung yang salah dalam proses pembuatannya memang tidak boleh dirusak. Penggalian arkeologi yang dilakukan di halaman candi ini menemukan banyak patung seperti ini.

Di masa lalu, beberapa patung Buddha bersama dengan 30 batu dengan relief, dua patung singa, beberapa batu berbentuk kala, tangga dan gerbang dikirimkan kepada Raja Thailand, Chulalongkorn yang mengunjungi Hindia Belanda (kini Indonesia) pada tahun 1896 sebagai hadiah dari pemerintah Hindia Belanda ketika itu.

Borobudur tidak memiliki ruang-ruang pemujaan seperti candi-candi lain. Yang ada ialah lorong-lorong panjang yang merupakan jalan sempit. Lorong-lorong dibatasi dinding mengelilingi candi tingkat demi tingkat. Di lorong-lorong inilah umat Buddha diperkirakan melakukan upacara berjalan kaki mengelilingi candi ke arah kanan. Bentuk bangunan tanpa ruangan dan struktur bertingkat-tingkat ini diduga merupakan perkembangan dari bentuk punden berundak, yang merupakan bentuk arsitektur asli dari masa prasejarah Indonesia.
Struktur Candi Borobudur tidak memakai semen sama sekali, melainkan sistem interlock yaitu seperti balok-balok Lego yang bisa menempel tanpa lem.

Di seluruh tingkatan dipahat relief-relief pada dinding candi. Relief-relief ini dibaca sesuai arah jarum jam atau disebut mapradaksina dalam bahasa Jawa Kuna yang berasal dari bahasa Sansekerta daksina yang artinya ialah timur. Relief-relief ini bermacam-macam isi ceritanya, antara lain relief-relief cerita jātaka.

Pembacaan kisah-kisah pada relief senantiasa berawal, dan berakhir pada pintu gerbang sisi timur di setiap tingkatnya, mulainya di sebelah kiri dan berakhir di sebelah kanan pintu gerbang itu. Maka secara nyata bahwa sebelah timur adalah tangga naik yang sesungguhnya (utama) dan menuju puncak candi, artinya bahwa candi menghadap ke timur meskipun sisi-sisi lainnya serupa benar.

Secara runtutan, maka cerita pada relief candi secara singkat bermakna sebagai berikut :

Sesuai dengan makna simbolis pada kaki candi, relief yang menghiasi dinding batur yang terselubung tersebut menggambarkan hukum karma. Deretan relief tersebut bukan merupakan cerita seri (serial), tetapi pada setiap pigura menggambarkan suatu cerita yang mempunyai korelasi sebab akibat. Relief tersebut tidak saja memberi gambaran terhadap perbuatan tercela manusia disertai dengan hukuman yang akan diperolehnya, tetapi juga perbuatan baik manusia dan pahala. Secara keseluruhan merupakan penggambaran kehidupan manusia dalam lingkaran lahir - hidup - mati (samsara) yang tidak pernah berakhir, dan oleh agama Buddha rantai tersebutlah yang akan diakhiri untuk menuju kesempurnaan.

Merupakan penggambaran riwayat Sang Buddha dalam deretan relief-relief (tetapi bukan merupakan riwayat yang lengkap ) yang dimulai dari turunnya Sang Buddha dari sorga Tusita, dan berakhir dengan wejangan pertama di Taman Rusa dekat kota Banaras. Relief ini berderet dari tangga pada sisi sebelah selatan, setelah melampui deretan relief sebanyak 27 pigura yang dimulai dari tangga sisi timur. Ke-27 pigura tersebut menggambarkan kesibukan, baik di sorga maupun di dunia, sebagai persiapan untuk menyambut hadirnya penjelmaan terakhir Sang Bodhisattwa selaku calon Buddha. Relief tersebut menggambarkan lahirnya Sang Buddha di arcapada ini sebagai Pangeran Siddhartha, putra Raja Suddhodana dan Permaisuri Maya dari Negeri Kapilawastu. Relief tersebut berjumlah 120 pigura, yang berakhir dengan wejangan pertama, yang secara simbolis dinyatakan sebagai Pemutaran Roda Dharma, ajaran Sang Buddha di sebut dharma yang juga berarti "hukum", sedangkan dharma dilambangkan sebagai roda.

Jataka merupakan cerita tentang Sang Buddha sebelum dilahirkan sebagai Pangeran Siddharta. Isinya merupakan pokok penonjolan perbuatan baik, yang membedakan Sang Bodhisattwa dari makhluk lain manapun juga. Sesungguhnya, pengumpulan jasa/perbuatan baik merupakan tahapan persiapan dalam usaha menuju ketingkat ke-Buddha-an.

Sedangkan Awadana, pada dasarnya hampir sama dengan Jataka akan tetapi pelakunya bukan Sang Bodhisattwa, melainkan orang lain dan ceritanya dihimpun dalam kitab Diwyawadana yang berarti perbuatan mulia kedewaan, dan kitab Awadanasataka atau seratus cerita Awadana. Pada relief candi Borobudur jataka dan awadana, diperlakukan sama, artinya keduanya terdapat dalam deretan yang sama tanpa dibedakan. Himpunan yang paling terkenal dari kehidupan Sang Bodhisattwa adalah Jatakamala atau untaian cerita Jataka, karya penyair Aryasura dan jang hidup dalam abad ke-4 Masehi.

Merupakan deretan relief menghiasi dinding lorong ke-2,adalah cerita Sudhana yang berkelana tanpa mengenal lelah dalam usahanya mencari Pengetahuan Tertinggi tentang Kebenaran Sejati oleh Sudhana. Penggambarannya dalam 460 pigura didasarkan pada kitab suci Buddha Mahayana yang berjudul Gandawyuha, dan buat bagian penutupnya berdasarkan cerita kitab lainnya yakni Bhadracari.(Diambil dari sumber di internet)

Info Obyek Wisata Keraton Yogyakarta gambar 1


Obyek wisata utama di Kota Yogyakarta adalah kraton Yogyakarta. Istana dan tempat tinggal dari Sultan Hamengku Buwono dan keluarganya ini dibangun pada tahun 1756. Kraton Yogyakarta dengan segala adat istiadat dan budayanya sudah menjadi ruh kehidupan masyarakat Yogyakarta. Kraton Yogyakarta juga adalah obyek wisata utama di Kota Yogyakarta baik dari sisi peninggalan bangunannya atau adat istiadat yang ada di dalamnya. Di Kraton Yogyakarta di samping bisa dinikmati keindahan masa lalu melalui tata bangun bangunannya, bisa juga dinikmati kesenian tradisional yang disajikan setiap harinya di Bangsal Manganti. Sekarang ini Kraton Yogyakarta ditempati oleh keluarga Sultan Hamengku Buwono X yang menjadi raja sekaligus gubernur di Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan setelah Perjanjian Giyanti ditandatangani pada tahun 1755. Letak keraton ini konon merupakan bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini dipakai buat istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram (Kartasura dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Versi lain menyebutkan lokasi keraton adalah sebuah mata air, Umbul Pacethokan, yang ada di tengah hutan Beringan. Sebelum menempati Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono I berdiam di Pesanggrahan Ambar Ketawang yang sekarang termasuk wilayah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman.

Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta mempunyai tujuh kompleks inti yakni Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan). Selain itu Keraton Yogyakarta mempunyai berbagai warisan budaya baik yang berbentuk upacara atau benda-benda kuno dan bersejarah. Di sisi lain, Keraton Yogyakarta juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan bila nilai-nilai filosofi begitu pula mitologi menyelubungi Keraton Yogyakarta. anda juga bisa baca artikel kami yang lain dengan judul Kuliner Bajing dan Tongseng Codhot Buat Kesehatan, dan Obyek Wisata Taman Balekambang Kota Solo.

Jam buka Kraton 
Buka : Senin – Minggu 08.00-14.00
Jum’at 08.00-12.00
informasi :
Kraton Yogyakarta
Jl. Rotowijayan 1 Yogyakarta.telp. 0274 373177
Info Obyek Wisata Keraton Yogyakarta gambar 2

Senin, 22 Oktober 2012

Wisata Malam Jogja jogja Club, Jogjakarta


Propinsi Daerah Istimewa Jogyakarta terdapat banyak klub klub malam bagaimana tidak seluruh penjuru kota telah dipenuhi dengan Venue. Yang tidak mau ketinggalan buat meramaikan malam Anda diJogja adalah Jogja jogja club. Yang menempati di Gedung Borobudur Plaza. Adapun ruangan ruangan di tempat itu sangat luas sehingga tidak perlu kuatir berdesak desakan.

Ditempat ini anda akan memperoleh pengalaman yang tidak bisa anda jumpai di Club manapun. Konsep yang diusung jogja jogja adalah simple dan modern, dan para pengunjung di tempat ini rata rata masih berstatus mahasiswa dan pegawai swasta yang menginginkan hiburan namun biaya yang dkeluarkan tidak terlalu banyak.

Pada hari hari tertentu jogja jogja menghadirkan DJ secara Live dan juga live ban. Sembari menikmati hentakkan music yang ada anda dapat memesanminuman berupa aneka cocktail, bird an masih banyak jenis minuman lainya. Semua aneka minuman tersebut ditawarkan dengan cita ras tinggi yang dibuat oleh bartender yang berpengalaman ,nNamun demikian harga tetap bersaing

Untuk live music diisi oleh band band ternama baik dari band band lokal ataupun nasional. Para DJ pun sudah sangat perpengalaman didunia hiburan. Area jogja jogja cukup bersih artinya kamar mandi tidak pengap, juga ruangan yang terjaga sehingga keamanan sangat terjamin. Jogja jogja club buka mulai jam 10 malam hingga  jam 03.00 dini hari.

* Bagaimana caranya kesana :
1. Dengan Taksi
2. Menaiki kendaraan pribadi baik roda empat ataupun roda dua

* Tempat terdekat :
1. Malioboro
2. Tugu
3. Kedai rumah pohon
4. Gowongan Inn, Amaris Hotel Yogyakarta

Akhir kata dari kami selamat bersenang-senang di tempat ini, baca juga artikel lainnya seperti, info Wisata Pemandian Air Panas Cisolong, info Daftar Hotel Di Bali Termurah, dan sebagainya.

DOWNLOAD KOLEKSI FILM KAMI