Kamis, 04 Oktober 2012

Wisata Kuliner Khas Jambi Nasi Gemuk

nasi gemukSelamat malam dari admin tips wisata kuliner buat para pengunjung blog ini yang sedang mencari info wisata kuliner, hampir di tiap daerah di indonesia mempunyai kuliner atau makanan khas disetiap daerahnya,  namun tidak jarang ada beberapa makanan yang sama dengan nama yang berbeda dan inilah yang akan coba admin posting pada kali ini. nama makanannya adalah nasi gemuk, merupakan salah satu makanan khas jambi yang secara umum sama dengan nasi uduk atau juga sego gurih dan entahlah kenapa di beri nama nasi gemuk admin juag tidak mengetahui itu,

Bila sebelumnya admin sudah hadirkan beberapa kuliner khas jambi yang terbilang makanan “berat” seperti tempoyak maka kini giliran admin akan hadirkan nasi gemuk yang terbilang ringan. Makanan ini cocok buat dijadikan menu sarapan dan memang itulah yang terjadi di jambi, dapat dibilang bila di daerah jawa timur menu sarapan andalan ialah pecel maka di jambi menu sarapan andalan adalah nasi gemuk.

Bila di jakarta nasi uduk umumnya di santap bersama dengan emping melinjo maka hal ini tidak terjadi di jambi, nasi uduk jambi maupun nasi gemuk disantap dengan kerupuk saja dan mungkin inilah sedikit bedanya antara nasi uduk dan nasi gemuk selain rasanya yang pasti berbeda sebab beda daerah pastilah beda selera meskipun bumbu dasarnya sama.

Sama seperti nasi uduk bahan dasar buat membuat nasi gemuk ialah beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk dan beberapa rempah-rempah lainnya. Pada dasarnya sama dengan bahan dasar dari nasi uduk hanya saja sedikit perbedan ada pada pelengkapnya saja.

So, Ketika anda sedang berada di jambi rasanya anda mesti coba menu sarapan ini, dan jika anda datang saat malam hari tidak usah khawatir sebab ada beberapa warung nasi gemuk yang masih buka. Apalagi inikan lagi mau musim mudik kan, jadi buat yang akan melintasi jambi anda dapat mampir di beberapa warung yang terdapat menu ini.


DOWNLOAD KOLEKSI FILM KAMI