Selasa, 23 Oktober 2012

Info Obyek Wisata Keraton Yogyakarta

Info Obyek Wisata Keraton Yogyakarta gambar 1


Obyek wisata utama di Kota Yogyakarta adalah kraton Yogyakarta. Istana dan tempat tinggal dari Sultan Hamengku Buwono dan keluarganya ini dibangun pada tahun 1756. Kraton Yogyakarta dengan segala adat istiadat dan budayanya sudah menjadi ruh kehidupan masyarakat Yogyakarta. Kraton Yogyakarta juga adalah obyek wisata utama di Kota Yogyakarta baik dari sisi peninggalan bangunannya atau adat istiadat yang ada di dalamnya. Di Kraton Yogyakarta di samping bisa dinikmati keindahan masa lalu melalui tata bangun bangunannya, bisa juga dinikmati kesenian tradisional yang disajikan setiap harinya di Bangsal Manganti. Sekarang ini Kraton Yogyakarta ditempati oleh keluarga Sultan Hamengku Buwono X yang menjadi raja sekaligus gubernur di Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan setelah Perjanjian Giyanti ditandatangani pada tahun 1755. Letak keraton ini konon merupakan bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini dipakai buat istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram (Kartasura dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Versi lain menyebutkan lokasi keraton adalah sebuah mata air, Umbul Pacethokan, yang ada di tengah hutan Beringan. Sebelum menempati Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono I berdiam di Pesanggrahan Ambar Ketawang yang sekarang termasuk wilayah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman.

Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta mempunyai tujuh kompleks inti yakni Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan). Selain itu Keraton Yogyakarta mempunyai berbagai warisan budaya baik yang berbentuk upacara atau benda-benda kuno dan bersejarah. Di sisi lain, Keraton Yogyakarta juga merupakan suatu lembaga adat lengkap dengan pemangku adatnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan bila nilai-nilai filosofi begitu pula mitologi menyelubungi Keraton Yogyakarta. anda juga bisa baca artikel kami yang lain dengan judul Kuliner Bajing dan Tongseng Codhot Buat Kesehatan, dan Obyek Wisata Taman Balekambang Kota Solo.

Jam buka Kraton 
Buka : Senin – Minggu 08.00-14.00
Jum’at 08.00-12.00
informasi :
Kraton Yogyakarta
Jl. Rotowijayan 1 Yogyakarta.telp. 0274 373177
Info Obyek Wisata Keraton Yogyakarta gambar 2

DOWNLOAD KOLEKSI FILM KAMI